Gabungan Komisi Awasi BUMD

image

TANAH PASER – Sebagai lembaga pengemban fungsi budgeting, DPRD Kabupaten paser berhak melakukan pengawasan terhadap penyertaan modal ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), sehingga DPRD Paser juga bisa melakukan fungsi pengawasan terhadap penggunaan keuangan daerah.

                Untuk itu, Gabungan komisi DPRD Kabupaten Paser, Jumat (9/11), menggelar kunjungan kerja (kunker) ke DPRD DKI Provinsi Jakarta untuk menggali referensi dalam membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penambahan Pernyataan Modal Pemerintah Kabupaten Paser Pada Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur.

Bertempat di ruang Rapat Gedung DPRD DKI Jakarta Gabungan Komisi DPRD Paser ditemui langsung Ketua DPRD DKI Jakarta M Topik. Pada kesempatan itu , M Topik mengatakan bahwa BUMD adalah perusahaan, baik baru atau sudah berjalan, perusahaan itu harus mempunyai usaha untuk mendapatkan keuntungan.

“Ketika sudah dapat keuntungan maka wajib dikembalikan ke daerah, tapi apabila BUMD yang modalnya bersumber dari APBD (penyertaan modal) itu tidak menguntungkan atau dividennya sangat kecil ke daerah, tentunya DPRD Paser berhak memberikan sanksi kepada BUMD sesuai peraturan yang berlaku.” Kata Topik.

                Pada kesempatan itu, Hj Nurhayati selaku Ketua Rombongan Gabungan Komisi DPRD Paser  mengatakan masalah penanaman penyertaan Modal Pada Bank Kalimantan Timur perlu pengawasan langsung DPRD Paser, dalam rangka meningkatkan dividen kedaerah.

                “Perlu ditinjau kembali BUMD di Kabupaten Paser agar kiranya bisa menghasilkan atau dividen dari penyertaan modal daerah ke BUMD dapat menambah APBD,” kata Nurhayati.

                Jika ada BUMD yang modalnya bersumber APBD kurang maksimal dalam berusaha, bahkan bangkrut, maka DPRD Paser berhak menghentikan penyertaan modal terhadap BUMD tersebut. “Makanya sebelum BUMD itu kolaps, kita harus intens melakukan pengawasan agar pernyataan modal yang menyangkut kepentingan masyarakat bisa dipertanggung jawabkan ,”tambahnya. (humas/RhmnRRC)

Tue, 13 Nov 2018 @11:54


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

pengunjung

widgets
Komentar Terbaru
hari ini

Powered by Calendar Labs

 

jam

Buku Saku DPRD Kab.Paser

Copyright © 2019 HUMAS DPRD PASER · All Rights Reserved