KETUA DPRD PASER PANEN JAGUNG BERSAMA GUBERNUR KALTIM DI BATU ENGAU

image

 

TANA PASER, Seluas  740 hektar lahan kebun  jagung di  desa Kerang Dayo Kecamatan Batu  Engau, yang merupakan program 1000 hektar bibit jagung bantuan dari APBN RI Tahun 2016, dilakukan panen oleh Gubernur Kaltim H.Awang Parok Ishak beserta Bupati Paser H. Yusriansyah Syarkawi, M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Paser H.Kaharuddin,SE, unsur Muspida, Muspika serta SKPD dilingkungan Pemkab Paser. Senin, (6/3).

Lahan jagung di Kecamatan Batu Engau merupakan lahan yang paling luas dalam program 1000 hektar bibit jagung  serta  memiliki areal atau lahan yang luas juga kecocokan tanah untuk tanaman jagung cukup mendukung,  kesiapan para petani di Kecamatan Batu Engau yang siap melaksanakan program tersebut, Ujar Drh. Boy Susanto Mp Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Paser. Tercatat ada 10 Kelompok tani yang melaksanakan program ini, dengan rata-rata hasil panen mencapai 6 s/d 7 Ton Jagung pipil per hektar, bahkan dapat mencapai 10 ton lebih  apabila perlakuan terhadap tanaman jagung  cukup baik.Ungkapnya  

Berkaitan hal tersebut,  Kepala Dinas Pertanian dan perkebunan  Provinsi Kalimantan Timur Dr.Ir .H. Ibrahim, MP  mengatakan,  APBD padi lokal di Kabupaten Paser mendapatkan sekitar 75 hektar di tahun 2017 dan mendapatkan bantuan sarana paska panen combain untuk padi sekitar 7 unit,mendapatkan cetak sawah  seluas 1.000 hektar dengan kerja sama kementrian pertanian tingkat pemprov kaltim. bahwa program penanaman jagung ini banyak memberikan manfaat bagi para petani terutama  kelompok tani di Kecamatan Batu Engau yang  cukup bermanfaat, selain dapat meningkatkan pendapatan para petani, juga lahan yang tadinya kurang dapat dimanfaatkan sekarang jadi bermanfat dan menghasilkan  untuk tanaman jagung  karena setelah dipanen   pembelinya pun sudah siap untuk menampung hasil panen para petani dengan harga sesuai harga pasar.

 

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Paser H. Kaharuddin bersyukur  atas hasil panen yang diperoleh petani, dan mengharapkan agar program ini dapat ditingkatkan lagi  di tahun depan dan tahun-tahun  yang mendatang, dan tidak hanya dikembangkan di Kecamatan Batu Engau saja, juga dapat dikembangkan  di Kecamatan lainnya yang memiliki kecocokan tanah dan  lahan tanaman jagung  untuk pemerataan dan kepentingan serta peningkatan  kesejahteraan masyarakat Kabupaten Paser.

 

Setelah melaksanakan kegitan panen jagung, rombongan Gubernur, Bupati,  berserta Ketua DPRD Kabupaten Paser, melakukan pemantauan kondisi jalan Tanah Grogot-Kerang Dayo - perbatasan dengan Kalimantan Selatan dan  kunjungan ke Pelabuhan Senaken Tanah Grogot yang biasa digunakan untuk bongkar  ikan hasil tangkapan para nelayan sebelum di jual dipasar. 

Wed, 15 Mar 2017 @09:59


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 HUMAS DPRD PASER | membangun paser untuk semua · All Rights Reserved