logo
pengunjung

widgets
hari ini

Powered by Calendar Labs

 

jam

Buku Saku DPRD Kab.Paser

Pansus DPRD Paser KOnsultasikan Raperda Retribusi Pajak

image

MANADO – Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) DPRD Paser melakukan kunjungan kerja ke kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulawesi Utara (Sulut). Kunjungan ini dalam rangka konsultasi pembahasan perubahan pajak dalam daerah, Kamis (11/8).

Pansus yang dipimpin oleh Hendrawan Putra itu, datang ke Dispenda didampingi anggota lainnya yakni Ikhwan Antasari, Lim Edy Hartono, Ambo Pendrei, Iskandar, M Fauzy Asyari, Sutarno, Nurhayati, Aspiana, dan Nor Asiah.

Ketua Pansus Hendrawan Putra berharap penerapan pajak di Sulut yang dampaknya baik untuk keuangan daerah, kiranya bisa di implementasikan pula ke daerah Paser. Sementara dari anggota Pansus Nurhayati menanyakan bagaimana Sulut mengatur retribusi pajak perhotelan, restoran dan indekos.

“ Bagaimana penerapannya agar tidak menjadi beban untuk pengusaha, serta menjadi pendapatan yang bisa diandalkan untuk daerah,” ujar Nurhayati.

Kepala Dispenda Sulut Roy M Tumiwa menjelaskan terkait perubahan pajak di Sulut adalah pajak kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, selain itu dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya demi kemakmuran rakyat.

“ Untuk saat ini kami fokuskan pada beberapa pajak daerah yakni pajak kendaraan dan pajak air permukaan,” imbuhnya.

Salah satu langkah lain yang dilakukan Dispenda Sulut semisal dalam perhotelan, menurutnya sudah jelas untuk pajaknya. Sedangkan untuk indekos di atas 10 kamar dikenakan pajak daerah. Sementara pajak restoran, pihaknya memberi kesempatan kepada setiap pemilik usaha diberi uji ketik yaitu pendapatan perharinya, dihitung dan diawasi langsung oleh tenaga kerja dari dinas.

Mon, 15 Aug 2016 @08:21


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 HUMAS DPRD PASER · All Rights Reserved