Pandangan Fraksi Gerindra pada Sidang Paripurna Pertanggungjawaban APBD 2014

TANA PASER – Fraksi Gerindra DPRD Paser memberi perhatian khusus pada kasus lahan SMK 3 Tana Paser. Hal itu disampaikan pada sidang paripurna raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2014, Kamis (6/8)

 

Hamransyah menegaskan, fraksinya berpandangan perlu kehati-hatian dalam menyetujui pembayaran terhadap lahan tersebut, untuk meminimalisasi potensi pelanggaran hukum. Dia mengatakan, Pemkab harus menghindari konflik terkait masalah tanah untuk keperluan pembangunan

 

“Menyikapi putusan MA yang sudah inkrah, kami tetap tidak menyetujui pembayaran terhadap tanah tersebut. Selain bertentangan dengan perpres (peraturan presiden) yang mengatur masalah ini, juga karena ada legal opinion pada 24 Mei 2014 dari pakar hukum. Disebutkan, apabila DPRD menyetujui pembayaran. Dapat dikatakan pelanggaran hukum dan terjadi tindak pidana korupsi,” kata Hamran.

 

Hal lain yang patut diperhatikan adalah pembangunan rumah layak huni (RLH). Ditegaskan, program itu harus ditinjau, khususnya dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.

 

“Dari sisi perencanaan, semestinya dimulai dari usulan RT yang lebih mengetahui kondisi masyarakat. Dari sisi pelaksanaan, ternyata banyak pembangunan RLH tidak tepat sasaran. Padahal tujuan dari program tersebut adalah untuk kesejahteraan masyarakat dan yang benar-benar layak untuk mendapatkannya,” imbuhnya.

 

DPRD pun berharap, sistem pengawasan terhadap realisasi pembangunan RLH harus ditingkatkan. Agar tujuan pembangunan sesuai dengan peruntukannya.

 

Selain itu, harus ditinjau kembali proyek jalan dua jalur di Tanah Priuk.  “Menurut fraksi kami, diduga adanya unsur pemaksaan terhadap proses perbaikan jalan itu. Sehingga kami beranggapan, perlu dikaji ulang terkait pembebasan lahan yang menjadi salah satu indikator dalam penganggaran,” pungkasnya.

Fri, 14 Aug 2015 @08:04
Tags: humasdprd


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright © 2018 HUMAS DPRD PASER | membangun paser untuk semua · All Rights Reserved