DPRD Sampaikan Usulan Pemberhentian Bupati dan Wabup

image

TANA PASER - Sehubungan dengan akan berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Paser pada akhir Agustus nanti, DPRD Paser menggelar rapat paripurna pengumuman pemberhentian kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Paser, pada Selasa (28/7) lalu.

 

Tahapan selanjutnya dalam mekanisme pemberhentian kepala daerah ini DPRD harus menyampaikan usulan pemberhentian kepala daerah kepada Menteri Dalam Negeri yang disampaikan melalui Gubernur Kalimantan Timur.

 

Sekretaris DPRD Paser Abdul Kadir yang ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (30/7) lalu menyampaikan bahwa DPRD Paser melalui Sekretariat DPRD bersama Pemerintah Daerah, Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Paser menyampaikan seluruh dokumen usulan pemberhentian pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

 

“Kami menugaskan Kasubbag Persidangan Abdul Rasyid untuk langsung menyampaikan dokumen tersebut. Tadi siang beliau melaporkan bahwa seluruh dokumen telah diterima dan dinyatakan lengkap oleh Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kalimantan Timur,” kata Kadir.

 

Lebih lanjut Abdul Kadir menjelaskan bahwa dokumen usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati tersebut harus segera disampaikan mengingat seperti apa yang terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara yang sempat mengalami kekosongan pejabat kepala daerah. Itu terjadi karena DPRD telat menyelenggarakan rapat paripurna pengumuman pemberhentian kepala daerah. Sehingga SK Meteri untuk menetapkan penjabat bupati belum terbit ketika masa jabatan bupati telah berakhir.

 

Saat berkonsultasi pada pemerintah provinsi dijelaskan bahwa penyampaian dokumen usulan pejabat bupati disampaikan oleh pemerintah provinsi kepada Kementerian Dalam Negeri bersamaan dengan penyampaian usulan pemberhentian kepala daerah oleh DPRD.

 

“Harapan kami dengan telah diselenggarakan dan disampaikannya dokumen pengumuman dan usulan pemberhentian kepala daerah ini dapat mempercepat proses penerbitan SK Menteri Dalam Negeri untuk menetapkan penjabat bupati. Sehingga Paser tidak mengalami kekosongan pejabat bupati seperti daerah lain,” pungkas Kadir.

Tue, 4 Aug 2015 @08:18
Tags: humasdprd


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

hari ini

Powered by Calendar Labs

 

jam

Buku Saku DPRD Kab.Paser

pengunjung

widgets
RSS Feed

Copyright © 2018 HUMAS DPRD PASER · All Rights Reserved