DPRD Paser Konsultasikan Mekanisme Pemberhentian Kepala Daerah (Akhir Masa Jabatan)

image

TANA PASER, Sejumlah anggota DPRD Paser yang tergabung dalam komisi I Jumat (3/7) melakukan konsultasi pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, terkait mekanisme pemberhentian Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Paser yang pada bulan Agustus nanti akan mengakhiri masa jabatannya.

Rombongan DPRD ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Paser Abdul Latif Thaha yang juga didampingi oleh Asisten I Heriansyah Idris dan Kabag Pemerintahan Paulus Margita, rombongan diterima oleh Asisten I Provinsi Kalimantan Timur Fathur Rahman.

Pada kesempatan itu Fathur Rahman menjelaskan terkait mekanisme dan wewenang yang dimiliki oleh DPRD dalam hal pemberhentian kepala daerah karena berakhirnya masa jabatan.

Sesuai undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada Pasal 79 ayat (1) dan (2) disebutkan pemberhentian kepala dan wakil kepala daerah diumumkan pimpinan DPRD dalam rapat paripurna.

“lalu DPRD mengusulkan pemberhentian tersebut kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur untuk mendapatkan penetapan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah” Jelas pria yang pernah menjabat sebagai kepala Bappeda dan Asisten I dilingkungan Pemkab Paser itu.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Fathur Rahman untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati Paser akan diisi oleh Penjabat Bupati yang namanya akan diusulkan oleh gubernur kepada Menteri Dalam Negeri.

Setelah mendapatkan pemaparan dari Asisten I Provinsi Kalimantan Timur Wakil Ketua DPRD Paser dan Anggota lainya bersepakat akan segera mengagendakan rapat paripurna pengumuman pemberhentian kepala daerah “insya allah rapat paripurnanya akan kami agendakan dalam bulan juli ini juga” kata Latyf Thaha.

 

 

Mon, 6 Jul 2015 @12:56
Tags: humasdprd


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kategori
Artikel Terbaru
Komentar Terbaru
Arsip
pengunjung

widgets
Buku Saku DPRD Kab.Paser

hari ini

Powered by Calendar Labs

 

jam

Copyright © 2018 HUMAS DPRD PASER · All Rights Reserved